Senin, 16 Januari 2012

Klub Diskusi, Olahraga dan Seni PGSD 2012


HIMA PGSD 2011 merintis beberapa klub untuk mengembangkan potensi mahasiswa di bidang olah raga dan seni. Adapun klub yang berhasil dibentuk adalah klub futsal putri, volli(pa/ pi), basket (pa/ pi), karate(pa/ pi) tari(pi), paduan suara(pa/pi) dan teater. Semua klub diatas kecuali klub paduan suara dan teater telah melakukan latihan rutin hampir selama satu tahun. Paduan suara dan teater belum melakukan latihan rutin karena baru saja di launching pada tanggal 15 Desember 2011.

Minat mahasiswa PGSD untuk mengembangkan bakat dan minatnya sangat tinggi. Terbukti dari beberapa angket serap aspirasi yang dilakukan oleh HIMA PGSD 2012 dapat disimpulkan bahwa mahasiswa PGSD menginginkan adanya beberapa klub baru. Antara lain klub jurnalistik, PBB, Tata boga, desain grafis, english club dan menjahit. Akan tetapi untuk melengkapi wadah pengembangan minat dan bakat mahasiswa PGSD, HIMA PGSD menambah beberapa klub baru yaitu klub badminton, sepak takraw, ping pong, senam aerobik, PGSD Mengajar TPA, dan diskusi pendidikan.

Dari penambahan-penambahan tersebut, diperkirakan mulai Maret 2012 terdapat 20 klub mahasiswa PGSD yang siap menampung dan mengembangkan potensi mahasiswa PGSD. 20 klub tersebut tidak hanya mencakup bidang olahraga dan seni saja akan tetapi juga bidang intelektual yang ditandai dengan adanya klub diskusi pendidikan, english club, dan PGSD mengajar TPA.

Dan pada akhirnya HIMA PGSD 2012 berharap semoga 20 klub ini dapat benar-benar menjadi wadah yang mampu mengembangkan potensi mahasiswa PGSD sehingga dapat mewujudkan PGSD JAYA. Kemudian kami juga berharap semoga dari waktu-ke waktu jumlah klub yang ada di PGSD selalu bertambah,sehingga potensi-potensi mahasiswa PGSD benar-benar dapat dikembangkan dan tidak disia-siakan begitu saja.

Gambaran umum mengenai klub diskusi, olahraga dan seni PGSD:

1. Sepakbola

Dari tahun ke tahun sejak PGSD masih menjadi program D2, tim sepak bola PGSD selalu menjuarai pekan olah raga dan seni antar jurusan Fakultas Ilmu Pendidikan. Untuk mempertahankan juara tersebut dibutuhkan pencarian dan pembinaan generasi muda PGSD. Melihat akan kebutuhan tersebut, maka berdirilah klub sepakbola PGSD.

Klub ini membuka kesempatan kepada siapa saja yang memiliki perhatian dengan perkembangan sepak bola di PGSD. Klub sepakbola PGSD akan berlatih di lapangan sepakbola PGSD setiap waktu yang telah ditentukan bersama oleh anggota klub. Besar harapannya, agar seluruh mahasiswa PGSD yang peduli dengan perkembangan sepak bola PGSD bergabung dengan klub sepakbola PGSD ini.

2. Jurnalistik

Salah satu budaya intelektual yang harus dikembangkan mahasiswa adalah menulis. Menulis tidak bisa dipisahkan dari kehidupan mahasiswa. Sehingga untuk mendukung gerakan mahasiswa menulis, dibutuhkan sebuah wadah yang dapat digunakan untuk mempublikasikan tulisan mahasiswa.

Melihat kenyataan di PGSD bahwa media tulis berupa buletin dan mading belum mampu berkembang dengan baik. Maka melalui klub jurnalistik inilah penulis-penulis muda PGSD dapat men”share”kan tulisannya.

Harapannya klub jurnalistik dapat menghasilkan karya-karya nyata seperti buletin dan mading yang terbit secara rutin. Buletin dan mading yang dimaksud, di dalamnya berisi laporan kegiatan di PGSD, berita pendidikan, isu-isu yang berkembang di PGSD dan kolom surat pembaca.

Kebanyakan orang melihat PGSD adalah jurusan yang tidak berprestasi. Padahal mahasiswa PGSD banyak yang sudah berprestasi, dari bidang olahraga sampai keilmiahan. Oleh karenanya Media yang dihasilkan klub jurnalistik ini dapat digunakan juga sebagai sarana pencitraan positif jurusan PGSD dengan cara memuat prestasi-prestasi yang pernah diraih oleh PGSD.

3. Tata Boga

Melihat perbandingan pria dan wanita mahasiswa PGSD, maka akan ditemukan bahwa jumlah wanita hampir 3kali lebih banyak. Sehingga perlu adanya pemberdayaan wanita di PGSD. Untuk memberdayakan mahasiswi PGSD maka HIMA PGSD 2012 berinisiatif untuk membentuk klub tata boga.

Harapannya melalui klub ini mahasiswi PGSD setelah lulus nanti dapat membuat berbagai macam produk makanan. Klub ini juga dapat menumbuhkan jiwa entrepreneurship karena setelah mengikuti kegiatan klub ini, produk masakan dapat dijual. Adapun kegiatan dari klub ini adalah pelatihan memasak dengan mengundang pembicara ahli, pembuatan produk dan memasarkan produk makanan. Hasil dari pemasaran produk dapat dijadikan sebagai penambahan uang saku mahasiswa yang tergabung dalam klub tata boga.

4. PBB/ Klub baris berbaris

Kami melihat mahasiswa PGSD saat masih SMA banyak yang menjadi anggota peleton inti atau paskibraka. Sungguh sayang sekali skill baris berbaris yang sudah dimiliki hilang begitu saja. Oleh karenanya agar skill tersebut tidak hilang begitu saja maka perlua adanya sebuah klub yang mewadahi mahasiswa yang memiiki ketrampilan baris-berbaris.

Harapannya nanti klub PBB mampu tampil menjadi petugas upacara yang baik. Jadi, kelak dikemudian hari petugas upacara tidak hanya berasal HIMA, Racana Wijaya, KSR dan rohis akan tetapi juga dari klub PBB sehingga akan terjadi dinamika yang indah.

5. PGSD Mengajar TPA

Salah satu manusia terbaik menurut Islam adalah manusia yang membaca dan mengajarkan al-Quran. Dan salah satu bagian dari tri dharma perguruan tinggi adalah pengabdian masyarakat. Atas dasar hal itulah, mahasiswa PGSD sebagai calon guru mengajar TPA.

TPA yang akan menjadi target adalah TPA Al-Hikmah yang berada di dusun karangnongko. TPA Al-Hikmah tersebut kekurangan tenaga pengajar. Harapannya mahasiswa PGSD yang tergabung dalam Klub ini mampu menjadi manusia terbaik, melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dan melatih skill mengajarnya.

6. Desain grafis

Perhatian mahasiswa terhadap desain grafis dan photo editing semakin tinggi ketika jejaring sosial berkembang pesat. Melihat hal itu, maka HIMA PGSD 2012 siap memfasilitasi aspirasi mahasiswa untuk mengembangkan skill di bidang tersebut.

Harapan setelah klub desain grafis in terbentuk, terselenggara sebuah pelatihan adobe photosop dan penampilan/ pameran hasil desain mahasiswa. Desain tersebut dapat ditampilkan di majalah kampus ataupun mading kampus PGSD.

7. Senam Aerobik

Melihat banyak keinginan mahasiswi untuk berolahraga menjaga kesehatan dan hanya untuk sekedar “mencari keringat”, maka hima pgsd 2012 mencoba untuk mendirikan klub senam aerobik. Klub senam ini dikhususkan untuk mahasiswa putri dan akan dilatih oleh seorang pelatih.

8. English Club

Inilah klub yang ditunggu-tunggu oleh mahasiswa PGSD, yaitu klub inggris. Sistem pembinaan klub ini adalah dengan cara membiasakan anggota klub berbicara dengan menggunakan bahasa inggris.

Caranya yaitu membagi anggota klub kedalam beberapa kelompok yang satu kelompoknya terdiri dari 3 orang. Dan setiap minggu 2 kelompok yang terdiri dari tiga orang tersebut bertemu untuk mendebatkan sesuatu masalah dan ditemani oleh satu mahasiswa yang berperan sebagai panelis. Sehingga setiap kelompok debat terdiri dari 7 mahasiswa.

Harapannya melalui klub ini tuntutan kebutuhan guru yang mampu berbahasia kelak di kemudian hari dapat terpenuhi.

9. Education Forum/ diskusi pendidikan

Banyak dari mahasiswa yang setelah lulus tidak mengetahui dunia pendidikan dengan baik. Sehingga hasilnya, banyak yang terkesan tidak siap. Untuk memberikan pengetahuan dan menambah sikap kritis mahasiswa PGSD terhadap dunia pendidikan. Maka diskusi pendidikan ini perlu diselenggarakan.

Forum diskusi ini akan diselenggarakan minimal satu bulan sekali dengan mendatangkan pembicara yang berkompeten dan membahas isu-isu pendidikan yang sedang berkembang. Sehingga harapannya mahasiswa PGSD juga memiliki perhatian terhadap dunia pendidikan di Indonesia.

10. Klub Kerajinan Tangan

Klub ini dibentuk sebagai sarana untuk mengembangkan ketrampilan dan kerajinan tangan. Harapannya dari klub ini mahasiswa PGSD mampu menghasilkan sebuah produk yang nantinya menjadi ciri khas/cindera mata khas PGSD.

Kegiatan klub ini adalah pelatihan pembuatan flanel, menjahit dan kegiatan-kegiatan lain yang dapat menghasilkan produk layak jual. Sehingga produk-produk yang dihasilkan dapat digunakan untuk menambah uang saku mahasiswa yang tergabung dalam klub kerajinan tangan.

Jadi insyaAllah pada bulan maret 2012(semester genap) akan terdapat 20 klub yang siap mengembangkan potensi-potensi mahasiswa PGSD. Di bidang olahraga ada klub sepakbola, futsal putri, basket, voli, karate, badminton, sepaktakraw, ping-pong dan senam aerobik. Dalam bidang seni terdapat klub kerajinan tangan, tari dan teater. Kemudian di bidang pengembangan ketrampilan terdapat klub tataboga, PBB dan Desain grafis. Sedangkan di bidang intelektual terdapat klub jurnalistik, PGSD Mengajar, English Club dan Education Forum (diskusi pendidikan).

Klub ini tidak akan berjalan tanpa dukungan dari teman-teman mahasiswa PGSD. Oleh karenanya kami sangat berharap kepada seluruh mahasiswa PGSD untuk bergabung dalam klub diskusi, olahraga dan seni PGSD. Kami mengundang secara khusus mahasiswa Bidik Misi untuk bergabung dalam klub-klub ini. Klub diskusi, olahraga dan seni ini dapat menjadi solusi ketika mahasiswa Bidik Misi diwajibkan untuk berorganisasi.

PGSD JAYA!
:)

Syarat dan ketentuan menjadi anggota klub:

1. Mendaftar melalui sms dengan format namaklub_nama_nim_angkatan ke CP klub masing masing.

Sepakbola: 0857435248549 (nugroho)

Futsal: 085743827080 (faisal)

Basket: 085640994246 (candra)

Volli: 085724202590 (yoyok)

Karate: 081575488819 (diah)

Badminton: 085640608607 (satria)

Sepak takraw: 085640110925 (lutfi)

Jurnalistik: 085643321966 (akbar)

Tata boga: 085640587385 (sumayyah)

PBB/ Klub baris berbaris: 085743388493 (erna)

Tari: 085641015533 (meutia)

Ping-pong: 085742992554 (Witri)

Teater: 083862789360 (ucup)

PGSD Mengajar TPA: 085725445282 (muklison)

Desain grafis: 085647894777 (anas)

Paduan Suara: 085640934880 (eka)

Senam aerobik: 087835051156 (ana)

English Club: 085741575980 (Ipul)

Diskusi pendidikan: 081901243295 (Wijan)

Ketrampilan tangan: 085641096555 (itsna)

2. Mengikuti latihan klub secara rutin

Nb. Bagi teman-teman yang ingin mengembangkan jiwa wirausahanya dapat bergabung diklub tataboga dan ketrampilan tangan.

RAHMA HUDA PUTRANTO/ PGSD 2010/

2 komentar: