Kamis, 09 Februari 2012

Kursus Pramuka Unnes Bentuk Karakter Mahasiswa


Masih ingatkah kamu dengan kegiatan Pramuka ketika duduk di bangku SD maupun SMP? Ternyata, kegiatan ini merupakan sangat berguna untuk mempersiapkan karakter para mahasiswa yang nantinya akan membina masyarakat.

Hal inilah yang dilakukan Universitas Negeri Semarang (Unnes) dalam membentuk karakter mahasiswa. Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Unnes Sutaryono mengungkapkan, kegiatan kepramukaan sejalan dengan visi Unnes sebagai universitas konservasi.

"Dalam hal ini, konservasi moral yang bertujuan untuk membentuk karakter mahasiswa. Kegiatan kepramukaan membentuk karakter mahasiswa sehingga kelak siap, mampu, dan layak membina masyarakat," Sutaryono seperti disitat dari situs Unnes, Senin (6/2/2012).

Ungkapan ini disampaikan Sutaryono dalam Kegiatan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) angkatan I Kwarcab Kota Semarang. Sekira 500 peserta kursus tersebut akan mengikuti kegiatan di kampus PGSD Ngaliyan Semarang pada 5 hingga 9 Februari dan 11 Februari mendatang. Kegiatan ini, tambahnya, bertujuan meningkatkan mutu pembina pramuka mahir tingkat dasar dan membekali calon guru SD untuk menjadi pembina pramuka yang cakap.

“Unnes sangat mendukung kegiatan kepramukaan, terbukti dengan diadakannya sosialisasi Undang-undang Gerakan Pramuka yang dilakukan berbagai tokoh kepramukaan se-Indonesia, yang juga dihadiri Wapres dan Menpora beberapa waktu lalu di Unnes,” ujarnya.

Menurut Sutaryono, tidak hanya membentuk karakter mahasiswa, kewajiban tiap warga negara pun sejalan dengan kepramukaan. “Pengamalan Pancasila, kesadaran bahwa UUD 45 merupakan sumber hukum, persatuan tanah air, kecintaan dan penghormatan pada merah putih, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai pemersatu bangsa,” katanya menjelaskan.

Dia berharap, kegiatan kepramukaan sebisa mungkin dibuat menarik dan menyenangkan agar menjadi daya tarik dan tidak semakin ditinggalkan. Padahal banyak yang dapat diperoleh melalui kegiatan tersebut. “Pramuka merupakan kegiatan yang berkarakter, di dalamnya akan ditempa fisik dan tekad yang kuat,” tutur Sutaryono.

dimuat di okezone
Senin, 6 Februari 2012
http://kampus.okezone.com/read/2012/02/06/373/570371/kursus-pramuka-unnes-bentuk-karakter-mahasiswa

0 komentar

Posting Komentar