Selasa, 10 April 2012

FIRST DAY PORASTER 2012 : Warna-warni semarak semangat olahraga

Masih ingat PORSAK?

Oke. Sekedar refresh sejenak..
Salah satu diantara segudang kegiatan tahunan di PGSD UPP SEMARANG FIP UNNES adalah Pekan olahraga dan seni antar kelas (PORSAK). eiittttsssss, tapi itu dulu. Sekarang, PORSAK bertransformasi menjadi pekan olahraga dan seni antar semester atau yang si penggagasnya menyebutnya PORASTER. Jadi dalam sistem pertandingannya tidak lagi per kelas, namun sekarang sudah berevolusi menjadi persemester. Mengingat di kampus PGSD UNNES sendiri dalam tata kuliahnya tidak menggunakan sistem kelas, namun menggunakan sistem rombel (Rombongan Belajar) yang teman kuliahnya slalu berganti, maka HIMA PGSD 2012 merubah PORSAK menjadi kegiatan yang berfokus pada kemampuan tiap angkatan per-semesternya. Tujuannya antara lain adalah agar dukungan dari semua golongan lebih mudah digalakkan, termasuk kemudahan mengkoordinir mahasiswa yang berperan dalam pekan olahraga dan seni yang bergengsi ini.

Senin 9 April merupakan acara pembukaan poraster, sedangkan untuk pertandingan perdana digelar pada selasa 10 April merupakan pertandingan perdana, dengan menampilkan bola Volly, Basket, tenis meja, dan Sepak Bola. rencana, PORATER akan terus digelar selama 3 minggu kedepan, dengan menggelar Inagurasi sebagai acara puncaknya.

Hari perdana PORASTER,
pertandingan bola volley dilaksanakan dalam dua kali pertandingan, yaitu pertandingan volley putri antara semester 6 dengan semester yang paling dewasa yaitu semester 8, dan Volley putra semester 6 dengan semester 8. Pertandingan volley tersebut sangat seru, apalagi volly putranya, Sampai-sampai ketika juaranya sudah terdeteksi mereka tetap saja masih ingin bermain, yang seharusnya 2 ronde sudah dapat pemenang mereka minta satu babak tambahan.

Pertandingan volly baik putra maupun putri di menangkan oleh semester 8 semuanya. Dengan volly putri menang semester 8, skor 1 untuk semester 6 dan 2 untul semester 8. Dan untuk volly putra semester 6 dibabat habis oleh semester 8 dengan sekor 2-0.

Beralih ke cabang tenis meja.
Pertandingan tenis meja, atau yang dikenal sebagai pingpong pada pertandingan PORASTER 2012 yang terlaksana sore tadi menghadirkan dua pertandingan. Pertandingan pertama yaitu pertandingan pingpong antara semester 6 dan semester 8. Dimana semester 6 diwakili oleh Mbak Yuan dan Mas Tomi , sedangkan semester 8 diwakili oleh Mbak Desi dan Mas Hari. Pertandingan pertama ini sangat sengit sekali ,dikarenakan terjadi nya 3 sesi pertandingan. Dimana tiap sesi , terjadi saling kejar-mengejar poin antara kedua kubu , yaitu antara angkatan 2009 dan angkatan 2008. . Pada pertandingan pertama ini , dimenangkan oleh semester 8 dengan poin 2 : 1

Pada pertandingan kedua, PORASTER mempertemukan semester 2 dengan semester 4. Pada pertandingan ini , semester 4 diwakili oleh Mbak Pinkan dan Mas Hafidz melawan semester 2 yang diwakili oleh Mas Marla dan Mbak Yulfia. Pertandingan kedua ini , semester 4 mengalahkan semester 2 hanya bermain dua sesi pertandingan dengan poin 2 : 0.

Dari cabang Sepak bola,
Kick off babak pertama pertandingan yang menyedot animo terbanyak dari penonton ini dilakukan tepat pukul 16.15 WIB. Pertandingan sore ini dipimpin oleh wasit utama dari semester 8 dan hakim garis dari semester 6. Sepak bola kali ini mempertemukan dua tim yang mempunyai eksistensi luar biasa di kancah persepakbolaan PGSD. Dua tim yang sama-sama adu gengsi untuk membawa nama besar semester masing-masing. Ya, laga sore ini mempertemukan Semester 2 vs Semester 4.

Pertandingan berjalan lancar meskipun cukup alot. Hal ini dibuktikan dengan wasit yang hanya memberikan satu kartu kuning saja untuk tim semester 4 selama pertandingan berlangsung. Skor kacamatapun masih bertengger di papan skor sampai akhir babak pertama. Akan tetapi kedua tim beradu taktik dan strategi yang akhirnya menaikkan tempo permainan di akhir babak pertama. Rumput hijau lapangan sepak bola PGSD itu menjadi saksi bagaimana gempuran demi gempuran terus dilakukan oleh kedua belah pihak guna memecahkan skor.

Perjuanganpun tak sia-sia. Pada menit ke-20 babak kedua, tim semester 4 yang mendapatkan hadiah pinalti sukses membobol gawang lawan melalui tendangan kaki Bayu. Tak mau mengalah begitu saja, tim semster 2 menyusul ketertinggalan melalui shooting yang dilakukan oleh Dias pada menit ke-27. Skor bertahan imbang 1-1 sampai peluit akhir dibunyikan.

Cerita lain datang dari cabang Bola Basket.
Pertandingan bola basket pada sore ini menuai cerita yang menyenangkan untuk semester 6 yang seharusnya melawan semester 8 dalam pertandingan perdana. namun pertandingan urung digelar karena tim semester 8 menghadiri seminar skripsi, sehingga tim semester 6 melaju tanpa lawan dan keluar sebagai pemenang di pertandingan pertama. Pertandingan kedua bola basket cukup menghibur bagi kekecewaan penonton yang tidak dapat menyaksikan semseter 6 berlaga dengan semester 8.

Pertandingan bola basket kedua pada sore ini menghadapkan semester 2 dengan semester 4. Sejak awal pertandingan, semseter 2 sudah memimpin lajunya pertandingan hingga pada akhir pertandingan semester 2 mampu menundukkan semseter4 dengan skor 44 : 13.

Jadi, Terbukti bukan?
kalau mahasiswa PGSD tidak hanya mampu menjadi jagoan di dalam kelas, tetapi juga mampu menancapkan taringnya di bidang lain.

Melihat bakat dan minat mahasiswa PGSD yang besar inilah, HIMA PGSD 2012 berkomitmen untuk mampu memfasilitasi segala kemampuan mahasiswa PGSD. Demi membawa PGSD FIP UNNES meraih kejayaannya.


HIDUP MAHASISWA!

4 komentar: