Jumat, 13 April 2012

Launching Club Tata boga

Pada tanggal 11 Maret 2012, klub tata boga yang baru pertama kalinya diadakan di jurusan tercinta kita yakni PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES mulai diselenggarakan. Klub ini merupakan salah satu aspirasi dari beberapa orang mahasiswa PGSD yang menginginkan adanya sebuah kegiatan untuk mengisi waktu luang setelah mengikuti kegiatan perkuliahan seharian. Pemberitahuan open recruitment klub tata boga ini pun serentak dengan klub-klub yang lain, klub baru maupun klub lawas. Open recruitment ini berlangsung selama sekitar satu bulan. Koordinator klub tata boga mengatakan bahwa dalam minggu awal, sedikit mahasiswa yang merespon positif pamflet OR klub. Setelah berjalan dua minggu, ponsel si koordinator sering masuk pesan-pesan dari mahasiswa yang ingin mengikuti klub tata boga. Pendaftaran klub-klub dengan via sms ke koordinator setiap klub, termasuk tata boga. Dalam kurun waktu tiga minggu jumlah pendaftar klub tata boga memasuki angka sekitar delapan puluhan.

Bagi klub yang baru dicetuskan pertama kali pada tahun ini yaitu periode 2011-2012, peminat klub tata boga ini terbilang banyak. Bahkan setelah satu bulan pendaftaran OR klub ini, masih saja banyak yang mendaftar hingga mencapai hampir 120 pendaftar. Respon luar biasa untuk klub satu ini, mengingat jumlah mahasiswa PGSD angkatan 2011 yang banyak. Para pendaftar klub tata boga ini terdiri dari 95% berasal dari angkatan 2011, dan 5% dari angkatan 2010. Pendaftar klub tata boga dari angkatan 2011 ini pun tidak hanya menarik kaum hawa saja, ternyata kaum adam pun ada yang berminat dan mendaftar klub tata boga ini. karena peminat yang cukup besar, teknik pelaksanaan klub tata boga ini pun dibuat dengan sistem tutor sebaya.

Sejumlah mahasiswa yang mengikuti klub tata boga membentuk kelompok yang terdiri dari 15/16 orang, yang kemudian dipilh masing-masing ketua tiap kelompok. Dari tiap kelompok tersebut setiap pekan mengirimkan delegasi untuk mengirimkan anggotanya untuk mendapat materi atau bimbingan dari dosen pembimbing, Ibu Yuyarti. Kemudian, anggota tersebut mengajarkan materi yang telah diberikan oleh dosen pembimbing kepada anggotanya.

Kegiatan klub tata boga diadakan pertama kali pada malam hari karena para mahasiswa ketika jam sore pun masih ada yang mengikuti perkuliahan. Dosen pembimbing tata boga, Ibu Yuyarti pun menyarankan diadakan malam hari di Asrama PGSD Ngaliyan karena kebanyakan mahasiswa yang mengikuti tata boga tinggal di Asrama PGSD ini. Senin malam (3/12), untuk pertama kali Ibu Yuyarti memberikan materi yang ringan yaitu cara membuat jamu beras kencur yang kemudian minggu berikutnya dipraktekkan. Diharapkan dengan adanya klub baru di Program Studi PGSD dapat membantu mengembangkan bakat dan minat dari mahasiswa PGSD dan penyerapan aspirasi dari mahasiswa bisa tersalurkan sehingga dapat bermanfaat bagi civitas akademik UNNES khususnya PGSD.

0 komentar

Posting Komentar